Gunung Bromo, Wisata Alam Nan Mempesona Kota Malang

Kota Malang, kota yang satu ini memang sangat dikenal sebagai salah satu kota dengan keberagaman destinasi wisatanya. Tak hanya terkenal dengan buah apel, Malang juga terkenal dengan destinasi wisata alam yaitu gunung Bromo.

Siapa yang tak tahu dengan salah satu gunung yang paling populer di provinsi Jawa Timur ini. Tak hanya di kalangan masyarakat Indonesia bahkan keelokan Bromo sudah menggema hingga ke mancanegara. Meski terkenal keberadaannya sebagai salah satu ikon kota Malang, Gunung Bromo sendiri tepatnya berada pada perbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruhan dan Probolinggo. Memiliki ketinggian 2392 mdpl gunung yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memang sangat mempesona bagi siapapun yang datang berkunjung. Tak heran apabila gunung Bromo menjadi tujuan utama wisata alam terbesar di kota Malang.

Gunung Bromo sendiri berasal dari kata Brahma yang merupakan nama salah satu Dewa dalam ajaran agama Hindu. Oleh karena itu masyarakat yang ada di sekitar gunung Bromo mayoritas beragama Hindu. Tidak hanya gunung Bromo yang memiliki riwayat dalam namanya, sebutan bagi masyarakat sekitar gunung Bromo pun juga tersendiri, yaitu suku Tengger. Suku Tengger merupakan masyarakat asli yang berasal dari suku Jawa dan konon merupakan keturunan dari kerajaan Majapahit.

Destinasi wisata yang ada di gunung Bromo mayoritas merupakan wisata alam pegunungan. Terdapat beberapa tujuan wisata yang akan membuat anda terpesona akan keelokan alam gunung Bromo. Untuk menikmati keindahan gunung Bromo sendiri biasanya para wisatawan akan terlebih dahulu menuju ke view point yang merupakan tempat untuk melihat matahari terbit dan keindahan gunung Bromo dari atas ketinggian. Agar mendapatkan pemandangan yang indah serta sun rise di waktu yang tepat di view point, pada pukul 3 dini hari wisatawan biasanya sudah dapat memulai perjalanan dengan menggunakan jeep hard top atau motor yang disewakan oleh para penduduk sekitar gunung. Terdapat beberapa view point yang dapat wisatawan kunjungi dan sudah populer, diantaranya Pananjakan 1, Sruni Point, Bukit Cinta, dan Bukit KingKong.

Selain menikmati keindahan gunung Bromo dari atas ketinggian serta memburu sun rise, wisatawan juga dapat mengunjungi kawah gunung Bromo yang tak kalah elok. Untuk dapat sampai ke kawah gunung Bromo para wisatawan dapat berjalan menaiki tangga yang bejumlah 250 anak tangga, ataupun dengan menaiki kuda yang banyak disewakan di sekitar jalan menuju ke kawah. Saat sampai di kawah gunung Bromo apabila cuaca cerah biasanya anda juga akan dapat melihat pemandangan pegunungan tengger dan gunung batok yang nampak membentuk seperti garis-garis terjal.

Setelah puas menikmati gunung bromo dari atas ketinggian jangan lupa juga untuk mengunjungi lautan pasir yang ada di sekitar kawasan gunung Bromo. Lautan pasir ini pun juga biasa dikenal dengan Pasir Berbisik, hal tersebut dikerenakan anda akan bisa merasakan suara bisikan apabila mendekatkan telinga ke dekat pasir. Di kawasan Lautan pasir anda akan dapat melihat hamparan pasir yang terbentang luas dan membentuk lukisan garis – garis yang indah, sehingga tak heran kawasan ini juga menjadi tempat favorit wisatawan saat berkunjung ke gunung Bromo, bahkan kawasan Pasir Berbisik ini pula sudah pernah beberapa kali dijadikan lokasi shooting film.

Jadi jangan ragu untuk memasukkan gunung Bromo sebagai salah satu list ketika anda berkunjung dan berwisata ke kota Malang, Jawa Timur.